Kunjungan Ke SMA Selamat Pagi Indonesia oleh Kajur T. Mesin

Pada Tanggal 16-18 Juli 2019, Ketua Jurusan Teknik Mesin Bpk. Dr. Soeryanto, M.Pd. berkunjung ke SMA SPI Kota Batu-Malang.

SMA SPI menyajikan sedikit teori dgn banyak praktik, 10:90. Para siswa sejak pagi hingga petang dibiasakan bekerja nyata, bukan hanya belajar pengetahuan di kelas. Banyak hal yang bisa membuka wacana baru kita dalam memaknai pendidikan dan kehidupan. Prinsip egalitarian dan pelayanan ditradisikan di SMA ini. Hubungan antar pribadi pada siapa saja, terasa lebih manusiawi, terasa nyaman dengan tanpa sekat-sekat formal gelar, jabatan, senioritas yang membuat serba kaku. Kesyukuran pada Tuhan, yang mengilhami semua ajaran itu. Kita diberi tanpa batas oleh yg Tuhan, dan harusnya juga berbagi tanpa batas dan ihlas.

Bagus, jika kita ingin melihat prespektif lain dari tradisi kehidupan dan pendidikan yg selama ini kita jalani dan kita yakini kebenarannya. Seringkali, tanpa sadar kita menganggap diri kitalah yang paling sempurna, paling baik, paling berkuasa, dan utamanya yg “paling benar.” Ko Chul, menyadarkan kita bahwa hanya sedikit sekali yang kita ketahui, yg kita miliki. Untuk itu, merendah dirilah untuk mau menerima perbedaan apa saja yg ada di alam semesta ini. Tdk ada kesempurnaan itu.(soeryanto)

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *